Bawaslu RI Gelar Rakor Evaluasi Pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2020

Aceh Tamiang – Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Hasil Pengawasan Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang diselenggarakan Bawaslu Republik Indonesia melalui aplikasi Zoom Meeting, Kamis 11 Februari 2020.

Ketua Bawaslu Republik Indonesia, Abhan dalam sambutan nya mengatakan tugas pengawasan pilkada 2020 merupakan tugas pengawasan yang sangat komplek, ketika pelaksanaan pilkada dilakukan ditengah pendemi Covid-19, kita tidak hanya melakukan tugas pengawasan pada tahapan tahapan yang sifatnya langsung pada sifat electoral dan juga pengawasan pengawasan diluar non electoral.

“kita tidak hanya melakukan pengawasan tahapan pilkada, namun juga kita melakukan pengawasan protocol kesehatan dalam pelaksanaan tahapan, itu yang luar biasa yang dilakukan oleh kawan kawan bawaslu didaerah,” sebut Abhan

Kegiatan evaluasi ini merupakan hal yang sangat penting ketika kita melaksanakan pengawasan tahapan pilkada yang belum pernah kita alami di pilkada serentak mulai tahun 2015,2017, 2018, karena sekarang tahapan ditengah pendemi Covid-19. Abhan menambahkan evaluasi ini penting untuk dilakukan, dalam evaluasi ini da berbagai hal yang telah kita lakukan, apa yang kurang untuk perbaikan kedepannya.

“Lepas kedepan ada revisi atau tidak, saya kira ini penting kita sampaikan untuk meberikan catatan catatan evaluasi atas pelsanaan pilkada serantak tahun 2020,” ujar Ketua Bawaslu RI.

Sementara itu Muhammad Afifuddin Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Republik Indonesia mengatakan evaluasi ini penting sebagai bahan refleksi kita apa yang telah kita lakukan, semangat yang kita tanamkan adalah adanya energy positif atau apresiasi yang harus kita berikan kepada jajaran.

“Saya mengucapkan terima kasih yeng setinggi tingginya kepada jajaran Bawaslu seluruh Indonesia khususnya divisi pengawasan dan juga teman teman sekalian, jajaran staf yang sudah membersamai kita dalam melakukan pengawasan pilkada di saat wabah,” sebut Afifuddin.

Staf Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal  Panwaslih Kab Aceh Tamiang mengikuti  Rakornas Pengawasan Secara Daring
Staf Divisi Pengawasan dan Hubal Panwaslih Kab Aceh Tamiang mengikuti Rakornas Pengawasan Secara Daring

Lindawati Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang mengatakan setiap selesai pelaksanaan pemilihan / baik itu pemilihan umum maupun pemilihan keplada daerah, maka akan selalu dilakukan evaluasi untuk melihat hasil kinerja yang selama ini telah kita lakukan.

Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 ini jauh lebih baik dan siap daripada kekhawatiran publik dan berbagai pihak dalam konteks pandemi COVID-19.

“Meskipun kita di Provinsi Aceh Tidak melaksanakan pilkada serentak,namun kita bisa belajar dari pengawasan pemilu serentak tahun 2020 yang telah dilakukan di berbagai daerah lainnya,” Tutup Lindawati.

Penulis

Editor

: Taufiq

: B@im

Related Posts

Add New Playlist